Anakku Cerdas

Bermain bagi Anak

Posted on: 30 Agustus 2009


Bermain adalah hal penting bagi seorang anak. Permainan dapat memberi kesempatan untuk melatih keterampilannya secara berulang-ulang dan dapat mengembangkan ide-ide sesuai dengan cara dan kemampuannya sendiri.

Perlu diketahui, kesempatan bermain sangat berguna dalam memahami tahap perkembangan anak yang begitu banyak dan kompleks. Melalui pengetahuan tentang tahap perkembangan tersebut, Anda dapat membantu, memotivasi, serta memberinya semangat saat melakukan kegiatan belajar sambil bermain itu. Dalam bermain dan belajar, anak memerlukan banyak waktu, mainan dan tempat yang memadai sehingga ia leluasa dan hasratnya terpenuhi.

Melalui bermain, bayi dan anak kecil menggunakan indra dan perasaannya (senses). Misalnya, ia mengamati sesuatu yang bergerak di depannya (indera penglihatan), mendengarkan suara di sekitarnya (indera pendengaran), meraba dan merasakan sesuatu (indera perasa), mengisap (sucking), mencoba/mencicip, mengunyah sesuatu, menggoyang atau memukul (membanting) benda-benda sehingga berbunyi, mendorong atau menyeret (dragging) mainan, serta menggerak-gerakkan (mobile) sesuatu. Artinya, bermain dapat memaksimalkan kelima pancaindera anak.

Biasanya, bayi/anak yang masih tertatih-tatih senang bermain sendiri atau bermain dengan orang lain atau anggota keluarga yang lebih dewasa. Anak usia prasekolah senang bermain menggunakan imajinasinya untuk memerankan hal tertentu (pretend play) dan dapat saja ia tidak tergantung kepada orang dewasa. Ringkasnya, anak-anak belajar dengan melibatkan semua pancainderanya secara langsung pada kegiatan nyata atau sumber belajar yang real. Dengan demikian, rangsanglah pancaindera anak secara optimal sehingga akan berkembang dengan menakjubkan sesuai harapan.

Bahan dan alat bermain yang bisa digunakan dapat dari berbagai sumber. Bayi muda (young baby) senang memandang muka orang, mengepalkan jari, merasakan kulit atau rambut, mendengar dan menyuarakan suara, benda yang diayun-ayunkan. Bayi yang lebih tua (older baby) senang bermain dengan benda-benda berupa perabotan rumah yang dapat dipegang, seperti paku-pakuan dari plastik (pegs), penggulung kapas, piring kertas, kertas kado, sendok plastik dan kotak-kotak dari plastik.

Bermain di luar rumah, seperti bermain pasir dan air, matahari dan bayangan, atau naik pohon dan masuk semak-semak, semuanya dapat merangsang imajinasi anak. Kartu-kartu dari karton besar yang dapat dibentuk kubus, kereta-keretaan, kotak makanan, serta brosur-brosur  iklan sangat baik untuk permainan rumah-rumahan atau toko-tokoan. Dengan menggunakan pakaian bekas, anak dapat mencoba cara berpakaian. Panci-panci dan penggorengan bekas serta sendoknya dapat digunakan untuk bermain pasir. Halaman yang cukup luas akan baik sekali sebagai tempat berlari anak atau tempat bermain perosotan atau lompat-lompatan.

So, ikutlah bermain dengan anak…

Tinggalkan komentar

Bunda Faiz

Shinta Ratna Dewi
Kuis online Kepik Emas

Kumpulan Tag

Pendidikan usia dini

Kunjungan

  • 808 klik

RSS Koleksi Kepik Emas

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Amarylis Collection

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.